Mandi Malam, Bolehkah ?

| Label: | |
Pada postingan kali ini saya akan sedikit mencoba mengupas Bahaya Mandi Malam. Kita mungkin pernah mendengar rumor yang berbunyi " Hey, jangan suka mandi malam-malam, ntar kena rematik, lho " Apa memang benar demikian..? Mari simak uraian dibawah ini ...

Menurut para ahli, yang menyebabkan nyeri sendi pada usia lanjut adalah asam urat. Kebanyakan dari mereka yang berusia lanjut cendrung terkena rematik, tidak di pungkiri kita juga bisa terkena rematik. Nah, disinilah asupan makanan yang berperan, hampir semua makanan beresiku menimbulkan asam urat terkecuali buah-buahan dan sayur-sayuran.

Nah, ini yang penting gan, banyak masyarakat salah presepsi akan hal ini, sebenarnya mandi malam itu tidak menyebabkan rematik, akan tetapi mandi malam memperberat keluhan nyeri rematik. Artinya, bagi mereka yang ternyata sudah menderita rematik, tidak dianjurkan mandi malam. Kalaupun memang ingin mandi, utamakan dengan air hangat. Rasa dingin akan memperberat nyeri sendi, dan ini tentu bukan sesuatu yang diharapkan. Bagi mereka yang belum mengalami nyeri rematik, sebaiknya mulailah menjaga asupan makanan dan memperbanyak minum. Kita tentu sulit menghindari kandungan purin dalam makanan, padahal semua produk makanan yang mengandung protein sudah pasti mengandung purin. Jika kita kurang mengkonsumsi protein, maka tubuh akan terasa lemas dan kurang sehat. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi protein, akan lebih banyak terdapat asam urat dalam darah kita. Saat usia muda, hal itu tidak terlalu mengganggu. Tapi, saat usia tua, hal itu tentu sangat mengganggu.

Mandi malam juga dapat memicu penuaan dini. Ini dikarenakan saat dingin, tubuh akan masuk ke keadaan stress. Ia akan meningkatkan metabolismenya agar temperatur tubuh tetap normal dan meningkatkan aliran darahnya (vasokonstriksi) untuk mensuplai oksigen ke seluruh tubuhnya. Akibatnya, tubuh membutuhkan lebih banyak kalori dan oksigen. Untuk mencukupi kebutuhan kalori, maka dibutuhkan asupan kalori lebih banyak dengan cara menimbulkan rasa lapar dan lapar. Untuk mencukupi kebutuhan oksigen, orang tersebut akan bernafas lebih cepat. Makanan dan hasil metabolisme, walaupun menghasilkan energi yang dibutuhkan, cenderung menumpuk hasil metabolit berupa oksidan dalam tubuhnya. Jika hal itu terjadi bertahun-tahun lamanya, maka orang tersebut akan mengalami gejala seperti layaknya orang yang sudah tua. Gejala yang paling umum adalah nyeri sendi. Tapi, ini bukanlah satu-satunya kemungkinan penyebab karena harus memperhatikan apa pekerjaan, kebiasaan lainnya, penyakit lain, faktor keturunan, kondisi psikologis, faktor eksternal (polusi, makanan, radiasi, tingkat kelembaban), dan sebagainya.

Nih gan tips agar tidak terkena rematik ,,,

Spoiler:

1. Hindari mandi malam. Kalaupun memang harus mandi di malam hari, utamakan dengan air hangat. Prinsipnya hindari kondisi kedinginan. Kalau tubuh Anda mampu melawan rasa dingin (karena ada latihan sebelumnya), mungkin dapat dikecualikan. Pada dasarnya mandi dengan air dingin tidak dianjurkan, kecuali bagi mereka yang berusia muda, karena air dingin cocok untuk mengusir rasa malas.

2. Utamakan makan banyak sayuran dan buah-buahan yang kaya dengan antioksidan. Ini akan membantu mencegah penuaan dini. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara memasak terlebih dahulu, atau dalam bentuk jus (juice).

3. Konsumsi Vitamin C 1000 mg per hari. Lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan Vitamin E 600-800 mg per hari.

4. Untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat, utamakan sumber dari padi-padian, gandum, ubi, jagung, dan sagu. Untuk kebutuhan protein, Anda bisa mengkonsumsi telur dan susu.

5. Untuk mengontrol asupan makanan, sangat dianjurkan untuk berpuasa.

6. Memperbanyak minum. Hasil metabolisme purin berupa asam urat akan disekresikan melalui urin.

7. Hindari minuman-minuman bersoda. Minuman bersoda akan meningkatkan pelepasan calcium dari tulang. Pada gilirannya akan memperberat kerja ginjal dan membuat tulang rapuh.

Bagaimana gan, masih berani mandi malam?? Kalau saya pribadi masih berani gan, asalkan lewat dari jam 2 malam dan menurut informasi yang pernah saya dengar kalau mandi sebelum sholat shubuh atau setelah jam 3 an dapat menyembuhkan segala macam penyakit.

Demikianlah uraian singkat mengenai Mandi Pada Malam Hari. Kalau ada tambahan dari para pembaca sekalian silakan di ungkapkan melalui pesan komentar ...

Sumber : KasKus.com


lintasberita

Artikel Terkait :

1 komentar:

  1. serli kansil says:

    klo begitu,,, aku blh mandi malam,,, thx infonya

Poskan Komentar

Next Prev home
 
Bareha's Blog™ All Right Reserved
Powered by Blogger