Pengertian Administrasi Pendidikan

| Label: | |
Pengertian administrasi pendidikan. Administrasi dalam pengertian secara harfiah, kata “administrasi” berasl dari bahasa latin yang terdiri atas kata ad dan ministrare.kata ad mempunyai arti yang sama dengan kata to dalam bahasa inggris yang berarti “ke”atau”kepada”. Dan kata ministrare sam artinya dengan kata to serve atau to conduct yang berarti “melayani, membantu dan mengarahkan”. Dalam bahasa inggris to administer berarti “mengatur, memelihara dan mengarahkan”.

Jadi kata “administrasi” secara harfiah dapat di artikan sebagai suatu kegiatan atau usaha untuk membantu, malayani, mengarahkan atau mengatur semua kegiatan didalam mencapai suatu tujuan.

Administrasi dalam pengertian yang sempit yaitu kegiatan ketatausahaan yang intinya adalah kegiatan ruti catat-mencatat, mendokumentasikan kegiatan, menyelenggarakan surat-menyurat dengan segala aspeknya serta mempersiapkan laporan.

Administrasi pendidikan dalam pengertian secara luas adalah segenap proses pengerahan dan pengintegrasian segala sesuatu baik personel, spiritual maupun material yang bersangkut paut dengan pencapaian tujuan pendidikan.

Jadi, didalam proses administrasi pendidikan segenap usaha orang-orang yang terlibat didalam proses pencapaian tujuan pendidikan itu diintegrasikan, diorganisasi dan dikoordinasi secara efektif, dan semua materi yang di perlukan dan yang telah ada dimanfaatkan secara efisien.

Dalam pengertian yang luas ini, istilah administrasi juga dapat diartikan sebagai berikut : “Administrasi adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabung dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan bersam yang telah ditetapkan sebelumnya agar efektif dan efisien”.

Dalam batasan tersebut di atas, makna administrasi dapat di urai paling tidak menjadi lima pengertian pokok, yaitu :
  1. Administrasi merupakan kegiatan atau kegiatan manusia.
  2. Rangkaian kegiatan itu marupakan suatu proses atau pengelolaan dari suatu kegiatan yang kompleks, oleh sebab itu bersifat dinamis.
  3. Proses itu dilakukan bersama oleh sekelompok manusia yang tergabung dalam suatu organisasi.
  4. Proses itu dilakukan dalam rangka mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
  5. Proses pengelolaan itu dilakukan agar tujuannya dapat dicapai secara efektif dan efisien.


lintasberita

Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev home
 
Bareha's Blog™ All Right Reserved
Powered by Blogger